My Life

Toilet Impian

Well, kali ini saya mau posting impian saya untuk punya toilet yang friendly untuk ibu-ibu yang punya balita. Habis baca postingan ini http://themothertruth.com/2015/05/11/ditonton-saat-pipis-dan-29-hal-lain-yang-hanya-dialami-para-ibu/ saya sangat merasakan keriweuhan saat harus ke toilet ditemani oleh makhluk kecil yang selalu ngintil ke manapun kita pergi. Kalo di rumah, biasanya saya harus ambil bak mandi anak, dilap bersih sampai ga basah, lalu ambil mainan atau kalo udah kebelet banget kasih sikat gigi yang ada di kamar mandi untuk mainan, baru bisa BAK atau BAB dengan tenang (biasanya ga tenang juga sih, karena akan ada adegan merengek dari si kecil, lalu si ibu akan berusaha bikin suara-suara lucu agar si kecil tidak menangis). Bagi yang udah pernah ke Jepang pasti sudah biasa lihat toilet berikut ini :

image

Gambar ini sengaja saya ambil waktu di sekolah anak saya di Shinonome, Tokyo karena beberapa kali di tempat atau fasilitas umum lain pas pengen moto pasti hp ga kebawa. Ini merupakan multipurpose toilet atau toilet serbaguna yang saya idam-idamkan ada di rumah saya di Indonesia (semoga ada rezeki buat bikin, aammiin). Jadi, awal cerita saya nge fans banget sama toilet ini adalah saat sampai di Jepang pertama kali. Begitu saya sampai di Narita International Airport, dan saya harus ke toilet untuk BAK sedangkan my 10 months baby girl nangis kalo ga liat bundanya dan ga mau digendong ayahnya, seperti biasa akan saya ajak si baby ini ke toilet. Udah kebayang akan duduk di closet sambil gendong my little Najah kayak di Indonesia. Ternyata oh ternyata, begitu masuk toilet perempuan, di dalamnya ada semacam high chair yang bisa dilipat.

image

Nice kan moms? Bundanya bisa dengan tenang BAK, dan si baby bala-bala pun happy. Saya karena agak norak, pas keluar dari toilet sambil senyum-senyum karena happy baru pertama kali ga pake riweuh dan drama nangis saat BAK, hehe..  😉
Bukan cuma itu moms, ada juga board khusus untuk gantiin diapers baby di toiletnya. Jadi, walaupun ga nemu nurseri room ga perlu repot cari tempat buat ganti diapers nya si kecil. Tinggal ditidurin di board itu dan gantiin diapers nya.

image

Dan di toilet ini semua otomatis, tombol flush, tombol untuk cebok, dan pengering semua berdekatan. Jadi, toilet ga becek dan ga berbau.

image

Terus, karena toilet ini luas banget, kalo saya bawa stroller, my 10 months baby, dan ditambah anak pertama yang masih 2 tahun 11 bulan tanpa didampingi ayahnya ga perlu khawatir dan bingung lagi. Tinggal bawa masuk duo balita plus strollernya karena pasti muat bahkan masih sisa space nya. Bahkan pernah, waktu kami jalan-jalan ke Tokyo Skytree di hari sabtu yang ngantri masuknya berjam-jam sampe bingung mau sholat di mana. Akhirnya kami pun sholat di dalam toilet ini dan kami berempat plus stroller masuk semua ke dalam toilet.
Toilet ini juga ramah untuk penyandang cacat. Jadi, everyone can become independent in Japan. Semua fasilitas umumnya mendukung dan ramah untuk ibu-ibu dan penyandang disabilitas. Mimpinya sih, ga cuma punya sendiri di rumah nantinya, tapi di Indonesia bisa jadi standar toilet untuk fasilitas di tempat umum juga. Aammiin.. 🙂

Leave a comment