Knowledge

Alhamdulillah… Saya Bisa Kuliah Lagi..

Rasa syukur saya yang tidak terkira pada Allah SWT karena diberikan kesempatan untuk dapat menuntut ilmu yang manfaatnya luar biasa, bahkan bisa mengantarkan kita menuju surga Allah jika sungguh – sungguh mengamalkannya sesuai dengan Al – Qur’an dan Hadits. Mungkin beberapa yang membaca judul tulisan saya tanpa membaca isinya akan mengira saya mendapatkan kesempatan untuk kuliah Master. Namun, sungguh, ini lebih luar biasa dari itu. Sekalipun sampai dengan saat ini saya masih juga berikhtiar untuk dapat melanjutkan studi Master, namun kesempatan ini jauh lebih berharga untuk saya. Karena yang akan saya pelajari di sini adalah ilmu dunia akhirat karena manfaatnya yang dapat dirasakan baik di dunia maupun di akhirat.

Bergabung di Institut Ibu Profesional adalah suatu berkah yang luar biasa bagi saya di awal tahun 2015 ini. Sejak pertama kali dikenalkan oleh kakak perempuan saya baik dari review tuisannya, maupun saat melihat webnya, terlebih saat saya menonton videonya di youtube, rasanya makin pensaran dan ingin sekali bisa langsung mengikuti perkuliahannya. Saya melihat kakak saya yang sejak mengikuti perkuliahannya menjadi istri dan Ibu yang sangat hebat bagi keluarganya. Saya makin kagum luar biasa saat menonton video kuliah IIP ini. Apalagi saat tahu metode kuliahnya yang sangat cocok dengan kondisi saat ini di mana probabilitas seorang ibu dapat mengikuti perkuliahan secara rutin. Ya, metodenya terdiri dari 2 macam yaitu offline dan online melalui webinar. Betapa inginnya saya mengikuti webinar agar bisa merasakan suasana kelas yang pastinya akan makin memotivasi belajar saya untuk dapat mempraktekkan ilmu – ilmu yang ada. Namun, karena keterbatasan ilmu yang dimiliki tentang kuliah online alias “Gaptek”, saya belum bisa mengikuti sesi perkuliahan online tersebut. Untuk ikut sesi kuliah offline, saya pikir waktu itu harus ke Salatiga dulu, ternyata jaringan IIP ini sudah beredar di Jabodetabek juga.

Karena belum juga dapat mengikuti perkuliahan, saya hanya dapat mengikuti perkembangan web IIP, mem-follow akun FB Ibu Septi Peni Wulandari, founder IIP (karena saat ingin mengajukan friend request sudah full) dan meng-add Pak Dodik Mariyanto, penanggungjawab IIP sekaligus suami Ibu Septi Peni Wulandari. Selain itu saya juga membeli buku yang berjudul, “Hei, Ini Aku Ibu Profesional”. Semuanya makin membuat saya penasaran dan segera ingin bergabung untuk mengikuti perkuliahan. Rasanya sungguh berbeda saat saya sedang mengenyam pendidikan formal sejak SD hingga bangku perkuliahan. Kali ini rasanya, keinginan untuk belajar begitu besar dan bukan semata-mata mengejar nilai atau ijazah demi mendapatkan pekerjaan yang layak tapi benar – benar karena rasa ingin tahu dan ingin menuntut ilmu untuk dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari – hari.

Tibalah saat di mana saya sedang melihat timeline di FB dan di sana ada kabar gembira yang sangat saya nantikan. Kini IIP akan membuka pendaftaran kuliah melalui Grup Whatsapp. Tanpa berfikir panjang, saya langsung mengisi formulir yang disediakan di masing – masing regional. Saat itu saya mengisi formulir untuk regional Jakarta, Jawa Barat, dan Banten karena domisili tetap saya adalah Gunung Putri, Bogor. Ternyata kakak saya yang baik hati sudah merekomendasikan saya juga untuk diinvite di grup whatsapp IIP Surabaya (karena saat ini sementara tinggal di Sidoarjo menunggu menyusul suami ke Jepang).

Ternyata IIP Surabaya ini baru saja terbentuk pada 26 Januari 2015 dan memang masih belum ada kegiatannya. Namun, saat mulai berinteraksi di grup ini, saya melihat begitu besarnya semangat para anggota untuk belajar. Dan betapa beruntungnya saya bisa menjadi bagian dari para pembelajar ini. Bersilaturahmi dengan orang baru yang punya semangat yang sama menjadikan kami dekat secara emosional walaupun belum pernah sama sekali bertatap muka. Dan yang saya kagumi lagi adalah, ternyata berdasarkan penjelasan dari admin dan koordinator, kami akan melaksanakan kuliah online dengan media whatsapp. Dapatkah kita bayangkan kuliah dengan menggunakan whatsapp? Di mana biasanya kita kuliah harus bertatap muka di kelas dengan suasana serius dan membawa setumpuk buku tebal sebagai referensi. Rupanya IIP ini benar – benar anti mainstream dan mengedepankan substansi dalam menuntut ilmu. Betapa siapnya IIP dengan kondisi mahasiswa (yang tiba – tiba menjadi banyak karena begitu mudahnya mengikuti perkuliahan) untuk mengorganisir para mahasiswa baru ini. Ya, di setiap grup telah disiapkan 3 orang yang berperan sebagai :

  1. Host
  • Mengatur lalu lintas diskusi di grup
  • Memandu dan memoderatori diskusi di grup bersama narasumber pusat maupun tamu

2. Co-Host

  • Menyapa dan mengingatkan teman-teman di grup ttg jadwal diskusi, rules dll
  • Mengabsen peserta diskusi 30 menit sebelumnya
  • Membuat resume hasil diskusi

3. Admin

  • Memasukkan member ke grup
  • Memposting hasil diskusi dan aktivitas di grup, fb grup dan web ibu profesional

Ketiga peran tsb akan dirotasi setiap bulannya. Pada bulan ke-4 ketiga peran tsb akan ditawarkan kepada anggota grup sehingga semua belajar mengelola grup.
Koordinator grup mendapat bimbingan dari tim inti Ibu Profesional Pusat yaitu ibu Septi Peni Wulandani sebagai founder, Mba Lala Mira Julia sebagai co founder dan online program advisor, Mba Niken TF Alimah sebagai comdev (community development) dan Mba Retno Dewi sebagai offline program advisor. Selain itu ada pak Dodik Mariyanto sebagai penanggung jawab.

Layaknya perkuliahan di kampus yang memiliki tata tertib, IIP melalui Kulwap (Kuliah Whatsapp) nya juga memiliki aturan agar perkuliahan ini tetap berjalan kondusif. Berikut DO and DON’T di Grup Whatsapp IIP Surabaya yang saya ikuti :

a. Di grup ini hanya akan berbicara :

  • Pendidikan anak dan keluarga
  • Peningkatan kualitas diri kita sbg ibu, istri dan perempuan
  • Topik bahasan ttg  bunda sayang, bunda cekatan, bunda produktif, bunda shalehah dan turunannya.

b. Di grup ini TIDAK akan berbicara :

  • Politik dan kritik pemerintah (jadilah bagian dr solusi untuk 2 hal tsb, kalau tidak lebih baik diam)
  • Mempertajam perbedaan SARAT (suku, agama, ras dan anggota tubuh)
  • Fitnah dan khilafiyah (perbedaan paham yg tak berujung)
  • Ghibah (membicarakan kejelekan orang lain)

c. Etika posting

  • Setiap kali posting  bertanggungjawablah dengan menyertakan sumbernya dr mana, tidak asal posting
  • Jangan memulai posting dg awalan “copas dari grup sebelah” tanpa diakhiri sumber.
  • Apabila ragu terhadap kebenaran berita, meski baik, lebih baik NO ACTION dan  DELETE

d. GADGET FREE DAY ON SATURDAY & SUNDAY. Tidak ada aktivitas apapun di grup IIP Surabaya

e. Tidak diperkenankan untuk berjualan / berpromosi sehingga grup ini murni untuk belajar & berbagi

Dalam perkuliahan melalui grup whatsapp ini ada beberapa forum belajar antara lain :

  1. Kuliah Whatsapp (Kulwap) adalah aktivitas kuliah dengan media sosial whatsapp.

Macam :

  • Kulwap koordinator
  • Kulwap grup
  • Obrolan harian

Untuk kulwap ini akan dimulai  dengan internal narasumber, baru melebar ke narasumber lain. Berikut adalah tim inti :

  1. Dodik Maryanto

Seorang imam rumah tangga, dengan 3 anak, beliau menguasai materi tentang:

  • Membangun A Home Team
  • Strategic Planning
  • Project Keluarga

2. Septi Peni Wulandari

Ibu Rumah Tangga dengan 3 anak, menguasai materi tentang :

  • How to be Professional Mother
  • Manajemen Rumah Tangga
  • Pendidikan anak dan keluarga

3. Mira Juli (Lala)

Seorang ibu dari 3 anak homeshooling yang belajar dan bekerja memanfaatkan Teknologi Informasi. Beliau menguasai materi :

  • Homeschooling
  • Digital mommy
  • Pendidikan anak dan keluarga

4. Niken Tf Alimah

Ibu Rumah tangga dengan 2 anak, suka dg dunia event organizing, desain grafis, dan utak-atik isi dapur. Penulis buku “ensiklopedi clodi”. Beliau menguasai materi:

  • Community Development
  • Management Event Organize
  • All about Clodi

5. Retno Dewi Widyastuti

Ibu rumah tangga dengan 1 anak,   advisor, Menyukai tata ruang, fashion , handycraft dan mempunyai mimpi menjadi peternak & petani. Beliau menguasai materi tentang :

  • Finansial keluarga
  • Bahasa Inggris
  • Teknik membangun kegiatan offline ibu profesional

Untuk Obrolan Harian, tiap harinya telah memiliki tema yang berbeda sebagai berikut :

  1. SENIN : MASTERMIND

Berisi penguatan tekad target yang akan dicapai dalam 1 minggu, termasuk di dalamnya sharing keberhasilan/sukses yang dicapai. Mekanisme: setiap member diajak berbagi tentang :

  • Sukses apa yg dicapai slm satu minggu
  • Apa yg dapat dibagi (lesson learned)
  • Mau sukses apa minggu depan?
  1. SELASA : Aktivitas Ibu & Anak/pendidikan anak. Sharing aktivitas bersama anak yg mengikuti program bunda sayang
  2. RABU : Manajemen keluarga. Sharing pengelolaan rumah tangga yang dilakukan, mengikuti kurikulum bunda cekatan
  3. KAMIS : Menggali minat, bakat & passion diri, sharing pengembangan bisnis merujuk pd kurikulum bunda produktif
  4. JUMAT :
  • Pekan ke-1 & 3 tema bebas
  • Pekan ke-2 & 4 hasil kulwap grup nasional

Bagian ini saya anggap sebagai bentuk masa orientasi perkuliahan di IIP. Semoga saya bisa konsisten untuk terus menuliskan dan langsung mempraktekkan ilmu yang diperoleh di IIP ini. Aammiin. Sekali lagi saya ucapkan Alhamdulillah ya Allah atas kesempatan ini…

*Sumber : Resume Diskusi Grup Whatsaap IIP Surabaya 5 Februari 2015

Cover Salah Satu Buku Ibu Profesional
Cover Salah Satu Buku Ibu Profesional

6 thoughts on “Alhamdulillah… Saya Bisa Kuliah Lagi..”

  1. mbak, saya mau donk di invite ke komunitas ibu prof surabaya.
    tapi saya masih single sih, cuman pengen belajar saja serta nambah ilmu sebelum menikah:D
    please contact ke email saya klo berkenan : ana.yuni@gmail.com
    No saya nanti saya balas ke email.:)

  2. Assalamu’alaikum Mbak
    Boleh saya minta info bagaimana gabung dg group WA IIP Surabaya?. Meskipun masih single sih, namun saya ingin belajar.

    Untuk email sy adaweach@gmail.com

    Mksi sblmny

    Salam
    Adawiyah

    1. Waalaikumsalam mb adawiyah.. Salam kenal mbak.. Wah, salut saya mbak, masih single tapi semangat belajarnya luar biasa.. Mbak, bisa coba isi form dulu di http://bit.ly/iiparea5 nanti akan dihubungi oleh koord areanya ya mbak.. semangat mb..

Leave a comment